Sabtu, 04 November 2017

MODUL 2

LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 2 “ TIPE DATA VARIABEL DAN OPERATOR”
Dosen : Dede Irawam, M.Kom


Disusun oleh:
Aam Stamrotul Puadah
20160910001
SI 2016 A



FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
 UNIVERSITAS KUNINGAN
Jl. Cut Nyak Dhien No. 36 A Cijoho Kuningan Telp/Fax. (0232)874824




KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan laporan kegiatan kewirausahaan yang merupakan salah satu tugas bahasa pemrograman 1. Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah wawasan.
            Dalam penulisan laporan ini mungkin jauh dari kata sempurna, maka dari itu penyusun meminta kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini diwaktu yang akan datang.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh                                                                                                                                                       
Kuningan, 4 November  2017


                                                                                                             Penyusun
                                                                                                           










DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................................... i
DAFTAR ISI ............................................................ .......................................................ii

BAB I  PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang .......................................................................................................... 1
1.2   Rumusan Masalah ..................................................................................................... 1
1.3   Tujuan........................................................................................................................ 1

BAB II  PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Tipe Data................................................................................................... 2
2.2 Pengertian Variabel...................................................................................................... 2
2.3 Pengertian Operator...................................................................................................... 3

BAB III ISI
3.1 Contoh Program.......................................................................................................... 9
3.3 Post test..................................................................................................................... 10

BAB IV PENUTUP          
4.1  Kesimpulan............................................................................................................... 18
4.2 Saran ......................................................................................................................... 18

DAFTAR PUSTAKA................................................................................................... 19



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Bahasa pemrograman merupakan suatu komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu.
Bahasa pemrograman ini adalah suatau susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk kode-kode yang kemudian akan di terjemahkan oleh program kompiler menjadi bahasa rakitan (assemblay) dan terus diolah hingga dimengerti oleh mesin. Komputer hanya dimengerti oleh bahasa mesin.
Bagi pemula, belajar bahasa pemrograman memang sulit, namun bukan berarti itu penghalang bagi kita untuk enggan belajar.
 Tidak semua orang bisa bahasa pemrograman, karena setiap orang mempunyai pemikiran dan kreativitas yang sama sehingga daya nalar terhadap sebuah bahasa pemrograman didapatkan hasil yang berbeda-beda untuk setiap orang.
Pada suatu bahasa pemrograman umumnya telah menyediakan tipe-tipe  data yang sederhana (simple)maupun tersetuktur.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud tipe data?
2.      Apa yang dimaksud variabel?
3.      Apa yang dimaksud operator?coba jelaskan!
1.3  TUJUAN
1.      Untuk memenuhi tugas bahasa pemrograman 1
2.      Untuk menambah wawasan bagi saya sebagai penulis ataupun pembaca





BAB 11
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN TIPE DATA
Tipe data mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan isi memori. Tipe data dalam Java dibagi 2 kategori:
1.      Sederhana / primitive, terdapat 8 tipe-tipe sederhana dan dipisahkan dalam 4 kelompok :
·         Empat tipe adalah untuk bilangan bulat (integer) bertanda: byte, short, int, dan long.
·         Dua untuk tipe angka titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan: float dan double.
·         Satu untuk tipe karakter yaitu char, mewakili simbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan angka.
·         Satu untuk tipe Boolean, merupakan tipe khusus untuk menunjukkan besaran logika (nilai-nilai logika).
2.      Komposit, tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe komposit lain yang telah ada. Tipe ini antara lain: string, array, class, dan interface.
2.2  PENGERTIAN VARIABEL
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi.
Bentuk Umum Deklarasi Variabel yaitu : [tipe data] [nama variabel] [;]
Contoh :
int harga;
char nama hari;
double bonus;
Berikut ini aturan-aturan dalam membuat variabel pada Java :
·         Case sensitive, huruf kecil dan kapital berbeda. Contoh: alamat, Alamat, dan ALAMAT menyatakan tiga variabel yang berbeda.
·         Nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan sebuah huruf dan selanjutnya dapat diikuti dengan huruf atau angka.
·         Huruf yang bisa digunakan adalah dari ‘A’-‘Z’, ‘a’-‘z’, angka dari 0-9 dan juga simbol ‘_’ dan „$‟ , Untuk simbol lain dan spasi tidak dapat digunakan.
·         Dalam penamaan variabel juga tidak diperkenankan menggunakan reserved word atau keyword dari Java.
·         Panjang variabel tidak dibatasi. Dalam pendeklarasian variabel kita juga bisa menyatukan dua variabel dalam
   pendeklarasiannya
2.3  PENGERTIAN OPERATOR
Ekspresi adalah statement yang mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya. Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
1.      Operator penugasan
2.      Operator matematika
3.      Operator penaikan dan penurunan
4.      Operator bitwise ( manipulasi bit )
5.      Operator relasional
6.      Operator logika Boolean
7.      Operator majemuk.

1.) Operator Penugasan, Operator ini adalah operator yang paling sederhana dan hanya dilambangkan dengan karakter ‟=‟. Operator ini digunakan untuk menugaskan suatu nilai ke suatu variabel.
Ekspresi
Arti
x += y
x = x + y
x -= y
X = x – y
x *= y
x = x * y
x /= y
x = x / y
2.) Operator Aritmatika, Operator ini digunakan dalam ekspresi matematika. Berikut ini daftar operator matematika yang dikenal dalam Java.
Operator
Arti
Contoh
+
Penjumlahan
3+4
Pengurangan
5-7
*
Perkalian
5*5
/
Pembagian
14/7
%
Modulus
20%7

3.) Operator Perbandingan / Relasional, Operator ini digunakan untuk membandingkan dua buah nilai operand dan menghasilkan nilai Boolean yaitu true atau false. Berikut ini operator relasional dalam Java.
Operator
Keterangan
Contoh
==
Sama dengan
X == 3
!=
Tidak Sama dengan
X != 3
Lebih kecil dari
X < 3
Lebih besar dari
X > 3
<=
Lebih kecil dari atau sama dengan
X <= 3
>=
Lebih besar dari atau sama dengan
X >= 3

4.) Operator Penaikan dan Penurunan, Operator ini digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, dan hanya digunakan pada variabel. 
Operator
Keterangan
++
Penambahan dengan nilai satu
Pengurangan dengan nilai satu

Sebagai contoh :
x = x + 1;
y = y -1;
dapat ditulis menjadi:
x++ ;
y– ;
atau
++x ;
–y ;

5.) Operator Bitwise (manipulasi bit), Operator ini digunakan untuk operasi secara langsung terhadap bit yang menyusun suatu bilangan. Daftar operator bitwise dalam Java adalah sebagai berikut :
Operator
Arti
Bitwise negasi (NOT)
&
Bitwise AND
|
Bitwise OR
^
Bitwise XOR
>> 
Geser kanan
>>> 
Geser kanan tanpa mempertahankan sign (dengan nilai 0 sebagai pengisi bit paling kiri)
<< 
Geser kiri
Karena operasi bitwise memanipulasi hingga ke bagian yang paling kecil dari suatu bilangan, yaitu bit maka diperlukan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana Java menyimpan reprsentasi suatu bilangan dalam bit, terutama sekali untuk representasi bilangan negatif. Java menyimpan representasi dari suatu bilangan sebagai bilangan basis dua (binary) yang tersusun atas bit. Contoh bilangan binary : 000100111. angka 0 dan 1 yang membentuk bilangan binary inilah yang disebut bit.
6.) Operator Logika Boolean, Operator ini hanya digunakan untuk melakukan operasi pada operand yang bertipe Boolean. Berikut daftar operator logika Boolean.
Operator
Keterangan
&
Logika AND
|
Logika OR
^
Logika XOR
!
Logika NOT
&&
Short Circuit Logika AND
|
Short Circuit Logika OR
==
Logika sama dengan
!=
Logika tidak sama dengan

7.) Operator Majemuk, Operator ini merupakan gabungan dari operator yang telah dibahas sebelumnya dengan operator penugasan. Berikut operator majemuk pada Java.
Operator
Keterangan
+=
Penambahan diikuti dengan penugasan
– =
Pengurangan diikuti dengan penugasan
* =
Perkalian diikuti dengan penugasan
/ =
Pembagian diikuti dengan penugasan
% =
Operasi modulus diikuti dengan penugasan
Berikut ini contoh penggunaannya :
Hasil +=10 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil+10
Hasil -=20 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil-20









BAB 111
ISI
3.1 CONTOH PROGRAM
Syntax
import java.util.Scanner;
public class contoh {
    public static void main(String[] args) {
    Scanner masukan = new Scanner (System.in);
   float a,b,c,d;
    System.out.print("Masukan nilai pertama:");
    a=masukan.nextFloat();
    System.out.print("Masukan nilai kedua:");
    b=masukan.nextFloat();
    c=a+b;
    d=a-b;
    System.out.println("");
        System.out.println("Hasil Penjumlahan =:"+a+"+"+b+"="+c);
        System.out.println("Hasil Pengurangan =:"+a+"-"+b+"="+d);
        }}
Hasil Running

3.2 POST TEST
1.      Buatlah class java dengan nama Latihan_03 untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan, Potongan dan Gaji bersih. Besar gaji bersih diisi dengan 100000*lama kerja, tunjangan gaji pokok*2.5% dan gaji bersih diisi dengan gaji pokok + tunjangan .
Syntax
import java.util.Scanner;
public class Latihan_3 {
public static void main(String[] args) {
 Scanner scan =new Scanner(System.in);
 Scanner in = new Scanner(System.in);
 String NIK, NIM, NAMA;
 long Lama_kerja;
double gapok, tunjangan, gaji_bersih;
        System.out.print("NIK \t\t:");
        NIK = scan.nextLine();
        System.out.print("NAMA\t\t:");
        NAMA = scan.nextLine();
        System.out.print("LAMA KERJA\t\t:");
        Lama_kerja = in.nextLong();
       
        gapok=(100000 * Lama_kerja);
        tunjangan =(gapok*25/100);
        gaji_bersih =(gapok+tunjangan);
        System.out.println("NIK \t\t:"+NIK);
        System.out.println("NAMA\t\t:"+NAMA);
        System.out.println("LAMA KERJA\t\t:"+Lama_kerja);
        System.out.printf("GAJI POKOK\t : %.0f\n",gapok);
       System.out.printf("TUNJANGAN\t :%.0f\n",tunjangan);
       System.out.printf("GAJI BERSIH\t : %.0f\n",gaji_bersih);
       
    }
   
}
Hasil Running

2.      Buatlah class java dengan nama Latihan_04 gunakan untuk menampilkan hasil perhitungan bujur sangkar, persegi panjang, segi tiga, lingkaran, limas dan kerucut.
Syntax
import java.util.Scanner;

public class Latihan_04 {
    public static void main(String[] args){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        double luas;
        double keliling;
        double v_l;
        double v, l_a, b;
        System.out.printf ("Daftar bangun datar dan Bangun Ruang\n");
        System.out.printf("==========================\n");
        System.out.printf("1. Bujur Sangkar\n");
        System.out.printf("2. Persegi Panjang\n");
        System.out.printf("3. Segitiga\n");
        System.out.printf("4. Lingkaran\n");
        System.out.printf("5. Limas\n");
        System.out.printf("6. Kerucut\n");
        System.out.printf("7. Keluar\n");
        System.out.printf("Masukan pilihan anda : ");
        int pil = in.nextInt();
        switch(pil){
            case 1:
                double s;
                System.out.print("Sisi\t: ");
                s = in.nextInt();
                keliling = 4 * s;
                luas = s * s;
                System.out.println("\nBangun datar Bujur Sangkar" );
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;
               
            case 2:
                double p,l;
                System.out.print("Panjang: ");
                p = in.nextInt();
                System.out.print("Lebar\t: ");
                l = in.nextInt();
                keliling = 2 * ( p + l);
                luas = p * l;
                System.out.println("\nBangun datar Persegi Panjang");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;
               
            case 3:
                double s_a, s_b, s_c, a, t;
                System.out.print("Sisi A : ");
                s_a = in.nextInt();
                System.out.print(" Sisi B : ");
                s_b = in.nextInt();
                System.out.print("Sisi C : ");
                s_c = in.nextInt();
                System.out.print("Alas : ");
                a = in.nextInt();
                System.out.print("Tinggi : ");
                t = in.nextInt();
                keliling = s_a + s_b + s_c;
                luas = (a * t)/2;
                System.out.println("\nBangun datar Segitiga");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.printf("\nLuas\t\t: %f",luas);
                break;
               
            case 4:
                double r;
                System.out.print("Jari - jari : ");
                r = in.nextInt();
                keliling = 2 * 3.14 * r;
                luas = 3.14 * r * r;
                System.out.println("\nBangun datar Lingkaran");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;
               
            case 5:
              
                System.out.print("Luas Alas : ");
                l_a = in.nextDouble();
                System.out.print("Tinggi\t  : ");
                b = in.nextDouble();
                v_l = 0.33 *l_a*b;
                System.out.println("\nBangun ruang Limas");
                System.out.printf("Volume\t\t: %.2f",v_l);
                break;   
               
            case 6:
                double f, g;
                System.out.print("Jari - jari ");
                f = in.nextInt();
                System.out.print("Tinggi ");
                g = in.nextInt();
                v = 0.33 * 3.14 * f * f * g;
                System.out.println("\nBangun ruang Kerucut");
                System.out.println("Volume\t\t: "+v);
                break;  
           
            case 7:
                break;
               
            default :
                System.out.printf("Maaf Pilihan Tidak Tersedia!!");
           
    }
    }  
}
Hasil Running

BAB III
PENUTUP

            5.1 KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan di atas yaitu:
1.      Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang bersifat strongly, yang berarti diharuskan mendeklarasikan tipe data dari semua variable yang apabila lupaatau salah dalam mengikuti aturan pendeklarasian variable, maka akan terjadi error pada saat proses kompilasi
2.       Tipe data yang terdapat pada bahasa pemrograman Java pada umumnya tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal, Basic,dan lainnya, yakni terdiri dari integer, floating point, char, string dan boolean.
3.      Aturan penulisan variabel pada bahasa pemrograman Java juga tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal, Basic, danlainnya, yakni harus diawali dengan huruf/abjad, karakter mata uang, danunderscore ( _ ) dan terdiri dari huruf/abjad, angka, dan underscore ( _ ), serta tidak boleh menggunakan kata-kata yang dikenal oleh bahasa pemrograman Java(keyword), seperti byte, case, int, dan lainnya.
4.      Sama halnya dengan semua bahasa dapat dipemrograman, Java juga menyediakan operator-operator aritmatika untuk memanipulasi data numerik.
5.      Selain operator aritmatika, Java juga mempunyai operator-operator lain,seperti operator increment dan decrement, operator assignment (penugasan),operator relasi, operator logical, operator bitwise (yang terdiri dari and, or, xor, dan complement), dan operator precedence.
5.2 SARAN
Dalam mempelajari bahasa pemograman,hal yang pertama harus di perhatikan adalah tata cara penulisannya. Karena bahasa pemograman sangat senstive, yang artinya pada saat menuliskan sintaks suatu program tertentu kita harus memperhatikan penulisan sintaks nya, begitu juga dengan tipe data suatu variabel yang kita buat.Karena, walaupun kesalahan titik saja maka program tidak bisa dijalankan(error).Kemudian, dikarenakan cukup rumitnya bahasa pemrograman dan semakin banyaknya pesaing yang berkompetisi di bidang pemrograman, maka saya menyarankan kepada pembaca, untuk lebih giat dalam mempelajari bahasa pemrograman tersebut. Hal ini tidak hanya di khususkan untuk pemograman java saja,begitu pula dengan bahasa pemograman lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
https://hersetblog.wordpress.com/2016/12/05/variabel-tipe-data-dan-operator-pada-java/
https://www.academia.edu/34922072/MAKALAH_TIPE_DATA_VARIABEL_DAN_OPERATOR
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 10

Manajemen Aplikasi pada Linux Pada pembahasan kali ini anda akan mempelajari dan dapat mengerti konsep RPM, TAR dan GZIP. menggunakan ...