LAPORAN
PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 2 “ TIPE
DATA VARIABEL DAN OPERATOR”
Dosen : Dede
Irawam, M.Kom
Disusun oleh:
Aam Stamrotul
Puadah
20160910001
SI 2016 A
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS
KUNINGAN
Jl. Cut
Nyak Dhien No. 36 A Cijoho Kuningan Telp/Fax. (0232)874824
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita
dapat menyelesaikan laporan kegiatan kewirausahaan yang merupakan salah satu
tugas bahasa pemrograman 1.
Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah
wawasan.
Dalam penulisan laporan ini mungkin
jauh dari kata sempurna, maka dari itu penyusun meminta kritik dan saran yang
membangun demi perbaikan laporan ini diwaktu yang akan datang.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kuningan,
4 November 2017
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................................... i
DAFTAR ISI ............................................................ .......................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang .......................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ..................................................................................................... 1
1.3 Tujuan........................................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Tipe Data................................................................................................... 2
2.2 Pengertian Variabel...................................................................................................... 2
2.3 Pengertian Operator...................................................................................................... 3
BAB III ISI
3.1
Contoh Program.......................................................................................................... 9
3.3 Post test..................................................................................................................... 10
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................................... 18
4.2
Saran ......................................................................................................................... 18
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................... 19
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Bahasa pemrograman merupakan suatu komando atau perintah
yang dibuat manusia untuk membat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu.
Bahasa pemrograman ini adalah suatau susunan aturan
penulisan (sintaks) yang membentuk kode-kode yang kemudian akan di terjemahkan
oleh program kompiler menjadi bahasa rakitan (assemblay) dan terus diolah
hingga dimengerti oleh mesin. Komputer hanya dimengerti oleh bahasa mesin.
Bagi pemula, belajar bahasa pemrograman memang sulit,
namun bukan berarti itu penghalang bagi kita untuk enggan belajar.
Tidak semua orang
bisa bahasa pemrograman, karena setiap orang mempunyai pemikiran dan
kreativitas yang sama sehingga daya nalar terhadap sebuah bahasa pemrograman
didapatkan hasil yang berbeda-beda untuk setiap orang.
Pada suatu bahasa pemrograman umumnya telah menyediakan
tipe-tipe data yang sederhana
(simple)maupun tersetuktur.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa yang dimaksud
tipe data?
2.
Apa yang dimaksud
variabel?
3.
Apa yang dimaksud
operator?coba jelaskan!
1.3
TUJUAN
1.
Untuk memenuhi tugas
bahasa pemrograman 1
2.
Untuk menambah wawasan
bagi saya sebagai penulis ataupun pembaca
BAB 11
PEMBAHASAN
2.1
PENGERTIAN TIPE DATA
Tipe
data mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan
cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan
variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator
menginterpretasikan isi memori. Tipe data dalam Java dibagi 2 kategori:
1. Sederhana
/ primitive, terdapat 8 tipe-tipe sederhana dan dipisahkan dalam 4 kelompok :
·
Empat tipe adalah untuk
bilangan bulat (integer) bertanda: byte, short, int, dan long.
·
Dua untuk tipe angka
titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan: float dan double.
·
Satu untuk tipe
karakter yaitu char, mewakili simbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan
angka.
·
Satu untuk tipe
Boolean, merupakan tipe khusus untuk menunjukkan besaran logika (nilai-nilai
logika).
2. Komposit,
tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe komposit lain
yang telah ada. Tipe ini antara lain: string, array, class, dan interface.
2.2
PENGERTIAN VARIABEL
Variabel digunakan dalam program
untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi
program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat
eksekusi.
Bentuk Umum Deklarasi Variabel
yaitu : [tipe data] [nama variabel] [;]
Contoh :
int harga;
char nama hari;
double bonus;
Berikut ini aturan-aturan dalam
membuat variabel pada Java :
·
Case
sensitive, huruf kecil dan kapital berbeda. Contoh: alamat, Alamat, dan ALAMAT
menyatakan tiga variabel yang berbeda.
·
Nama dari
sebuah variabel harus dimulai dengan sebuah huruf dan selanjutnya dapat diikuti
dengan huruf atau angka.
·
Huruf yang
bisa digunakan adalah dari ‘A’-‘Z’, ‘a’-‘z’, angka dari 0-9 dan juga simbol ‘_’
dan „$‟ , Untuk simbol lain dan spasi tidak dapat digunakan.
·
Dalam
penamaan variabel juga tidak diperkenankan menggunakan reserved word atau
keyword dari Java.
·
Panjang
variabel tidak dibatasi. Dalam pendeklarasian variabel kita juga bisa
menyatukan dua variabel dalam
pendeklarasiannya
2.3
PENGERTIAN OPERATOR
Ekspresi adalah statement yang
mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya
digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap
operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan sebagainya. Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
1. Operator penugasan
2. Operator matematika
3. Operator penaikan dan penurunan
4. Operator bitwise ( manipulasi bit )
5. Operator relasional
6. Operator logika Boolean
7. Operator majemuk.
1.) Operator Penugasan, Operator ini adalah operator yang paling
sederhana dan hanya dilambangkan dengan karakter ‟=‟. Operator ini digunakan
untuk menugaskan suatu nilai ke suatu variabel.
Ekspresi
|
Arti
|
x += y
|
x = x + y
|
x -= y
|
X = x – y
|
x *= y
|
x = x * y
|
x /= y
|
x = x / y
|
2.) Operator Aritmatika, Operator ini digunakan dalam ekspresi
matematika. Berikut ini daftar operator matematika yang dikenal dalam Java.
Operator
|
Arti
|
Contoh
|
+
|
Penjumlahan
|
3+4
|
–
|
Pengurangan
|
5-7
|
*
|
Perkalian
|
5*5
|
/
|
Pembagian
|
14/7
|
%
|
Modulus
|
20%7
|
3.) Operator Perbandingan /
Relasional, Operator ini
digunakan untuk membandingkan dua buah nilai operand dan menghasilkan nilai
Boolean yaitu true atau false. Berikut ini operator relasional dalam Java.
Operator
|
Keterangan
|
Contoh
|
==
|
Sama dengan
|
X == 3
|
!=
|
Tidak Sama dengan
|
X != 3
|
<
|
Lebih kecil dari
|
X < 3
|
>
|
Lebih besar dari
|
X > 3
|
<=
|
Lebih kecil dari atau sama dengan
|
X <= 3
|
>=
|
Lebih besar dari atau sama dengan
|
X >= 3
|
4.) Operator Penaikan dan
Penurunan, Operator ini
digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat)
sebanyak satu satuan, dan hanya digunakan pada variabel.
Operator
|
Keterangan
|
++
|
Penambahan dengan nilai satu
|
—
|
Pengurangan dengan nilai satu
|
Sebagai contoh :
x = x + 1;
y = y -1;
dapat ditulis menjadi:
x++ ;
y– ;
atau
++x ;
–y ;
5.) Operator Bitwise (manipulasi
bit), Operator ini
digunakan untuk operasi secara langsung terhadap bit yang menyusun suatu
bilangan. Daftar operator bitwise dalam Java adalah sebagai berikut :
Operator
|
Arti
|
–
|
Bitwise negasi (NOT)
|
&
|
Bitwise AND
|
|
|
Bitwise OR
|
^
|
Bitwise XOR
|
>>
|
Geser kanan
|
>>>
|
Geser kanan tanpa mempertahankan sign (dengan nilai
0 sebagai pengisi bit paling kiri)
|
<<
|
Geser kiri
|
Karena operasi bitwise
memanipulasi hingga ke bagian yang paling kecil dari suatu bilangan, yaitu bit
maka diperlukan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana Java menyimpan
reprsentasi suatu bilangan dalam bit, terutama sekali untuk representasi bilangan
negatif. Java menyimpan representasi dari suatu bilangan sebagai bilangan basis
dua (binary) yang tersusun atas bit. Contoh bilangan binary : 000100111. angka
0 dan 1 yang membentuk bilangan binary inilah yang disebut bit.
6.) Operator Logika Boolean, Operator ini hanya digunakan untuk
melakukan operasi pada operand yang bertipe Boolean. Berikut daftar operator
logika Boolean.
Operator
|
Keterangan
|
&
|
Logika AND
|
|
|
Logika OR
|
^
|
Logika XOR
|
!
|
Logika NOT
|
&&
|
Short Circuit Logika AND
|
|
|
Short Circuit Logika OR
|
==
|
Logika sama dengan
|
!=
|
Logika tidak sama dengan
|
7.) Operator Majemuk, Operator ini merupakan gabungan dari
operator yang telah dibahas sebelumnya dengan operator penugasan. Berikut
operator majemuk pada Java.
Operator
|
Keterangan
|
+=
|
Penambahan diikuti dengan penugasan
|
– =
|
Pengurangan diikuti dengan penugasan
|
* =
|
Perkalian diikuti dengan penugasan
|
/ =
|
Pembagian diikuti dengan penugasan
|
% =
|
Operasi modulus diikuti dengan penugasan
|
Berikut ini contoh penggunaannya :
Hasil +=10 : memiliki arti yang
sama dengan hasil = hasil+10
Hasil -=20 : memiliki arti yang
sama dengan hasil = hasil-20
BAB 111
ISI
3.1 CONTOH PROGRAM
Syntax
import
java.util.Scanner;
public class contoh
{
public static void main(String[] args) {
Scanner masukan = new Scanner (System.in);
float a,b,c,d;
System.out.print("Masukan nilai
pertama:");
a=masukan.nextFloat();
System.out.print("Masukan nilai
kedua:");
b=masukan.nextFloat();
c=a+b;
d=a-b;
System.out.println("");
System.out.println("Hasil
Penjumlahan =:"+a+"+"+b+"="+c);
System.out.println("Hasil
Pengurangan =:"+a+"-"+b+"="+d);
}}
Hasil Running
3.2 POST TEST
1.
Buatlah class java
dengan nama Latihan_03 untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari
NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan, Potongan dan Gaji bersih. Besar
gaji bersih diisi dengan 100000*lama kerja, tunjangan gaji pokok*2.5% dan gaji
bersih diisi dengan gaji pokok + tunjangan .
Syntax
import
java.util.Scanner;
public class Latihan_3 {
public static void main(String[] args) {
Scanner scan
=new Scanner(System.in);
Scanner in =
new Scanner(System.in);
String NIK, NIM, NAMA;
long Lama_kerja;
double
gapok, tunjangan, gaji_bersih;
System.out.print("NIK
\t\t:");
NIK = scan.nextLine();
System.out.print("NAMA\t\t:");
NAMA = scan.nextLine();
System.out.print("LAMA
KERJA\t\t:");
Lama_kerja = in.nextLong();
gapok=(100000 * Lama_kerja);
tunjangan =(gapok*25/100);
gaji_bersih =(gapok+tunjangan);
System.out.println("NIK
\t\t:"+NIK);
System.out.println("NAMA\t\t:"+NAMA);
System.out.println("LAMA
KERJA\t\t:"+Lama_kerja);
System.out.printf("GAJI POKOK\t :
%.0f\n",gapok);
System.out.printf("TUNJANGAN\t
:%.0f\n",tunjangan);
System.out.printf("GAJI BERSIH\t :
%.0f\n",gaji_bersih);
}
}
Hasil Running
2.
Buatlah class java
dengan nama Latihan_04 gunakan untuk menampilkan hasil perhitungan bujur
sangkar, persegi panjang, segi tiga, lingkaran, limas dan kerucut.
Syntax
import
java.util.Scanner;
public class
Latihan_04 {
public static void main(String[] args){
Scanner in = new Scanner(System.in);
double luas;
double keliling;
double v_l;
double v, l_a, b;
System.out.printf ("Daftar bangun
datar dan Bangun Ruang\n");
System.out.printf("==========================\n");
System.out.printf("1. Bujur
Sangkar\n");
System.out.printf("2. Persegi
Panjang\n");
System.out.printf("3.
Segitiga\n");
System.out.printf("4.
Lingkaran\n");
System.out.printf("5.
Limas\n");
System.out.printf("6.
Kerucut\n");
System.out.printf("7.
Keluar\n");
System.out.printf("Masukan pilihan
anda : ");
int pil = in.nextInt();
switch(pil){
case 1:
double s;
System.out.print("Sisi\t:
");
s = in.nextInt();
keliling = 4 * s;
luas = s * s;
System.out.println("\nBangun datar Bujur Sangkar" );
System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
break;
case 2:
double p,l;
System.out.print("Panjang:
");
p = in.nextInt();
System.out.print("Lebar\t: ");
l = in.nextInt();
keliling = 2 * ( p + l);
luas = p * l;
System.out.println("\nBangun datar Persegi Panjang");
System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
break;
case 3:
double s_a, s_b, s_c, a, t;
System.out.print("Sisi A :
");
s_a = in.nextInt();
System.out.print(" Sisi B
: ");
s_b = in.nextInt();
System.out.print("Sisi C :
");
s_c = in.nextInt();
System.out.print("Alas :
");
a = in.nextInt();
System.out.print("Tinggi :
");
t = in.nextInt();
keliling = s_a + s_b + s_c;
luas = (a * t)/2;
System.out.println("\nBangun datar Segitiga");
System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
System.out.printf("\nLuas\t\t: %f",luas);
break;
case 4:
double r;
System.out.print("Jari -
jari : ");
r = in.nextInt();
keliling = 2 * 3.14 * r;
luas = 3.14 * r * r;
System.out.println("\nBangun datar Lingkaran");
System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
break;
case 5:
System.out.print("Luas
Alas : ");
l_a = in.nextDouble();
System.out.print("Tinggi\t :
");
b = in.nextDouble();
v_l = 0.33 *l_a*b;
System.out.println("\nBangun ruang Limas");
System.out.printf("Volume\t\t: %.2f",v_l);
break;
case 6:
double f, g;
System.out.print("Jari -
jari ");
f = in.nextInt();
System.out.print("Tinggi
");
g = in.nextInt();
v = 0.33 * 3.14 * f * f * g;
System.out.println("\nBangun ruang Kerucut");
System.out.println("Volume\t\t: "+v);
break;
case 7:
break;
default :
System.out.printf("Maaf
Pilihan Tidak Tersedia!!");
}
}
}
Hasil Running
BAB III
PENUTUP
5.1
KESIMPULAN
Kesimpulan
yang dapat ditarik dari pembahasan di atas yaitu:
1.
Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang bersifat strongly, yang berarti
diharuskan mendeklarasikan tipe data dari semua variable yang apabila lupaatau
salah dalam mengikuti aturan pendeklarasian variable, maka akan terjadi
error pada saat proses kompilasi
2.
Tipe data yang terdapat pada bahasa pemrograman Java pada umumnya
tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal,
Basic,dan lainnya, yakni terdiri dari integer, floating point, char, string dan
boolean.
3.
Aturan penulisan variabel pada bahasa pemrograman Java juga tidak jauh berbeda
dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal, Basic, danlainnya, yakni
harus diawali dengan huruf/abjad, karakter mata uang, danunderscore ( _ ) dan
terdiri dari huruf/abjad, angka, dan underscore ( _ ), serta
tidak boleh menggunakan kata-kata yang dikenal oleh bahasa pemrograman
Java(keyword), seperti byte, case, int, dan lainnya.
4.
Sama halnya dengan semua bahasa
dapat dipemrograman, Java juga menyediakan operator-operator
aritmatika untuk memanipulasi data numerik.
5.
Selain operator aritmatika, Java juga mempunyai operator-operator lain,seperti
operator increment dan decrement, operator assignment (penugasan),operator
relasi, operator logical, operator bitwise (yang terdiri dari and, or, xor, dan
complement), dan operator precedence.
5.2 SARAN
Dalam mempelajari bahasa pemograman,hal yang pertama harus di perhatikan
adalah tata cara penulisannya. Karena bahasa pemograman sangat senstive, yang artinya
pada saat menuliskan sintaks suatu program tertentu kita harus memperhatikan penulisan
sintaks nya, begitu juga dengan tipe data suatu variabel yang kita buat.Karena,
walaupun kesalahan titik saja maka program tidak bisa
dijalankan(error).Kemudian, dikarenakan cukup rumitnya bahasa pemrograman dan
semakin banyaknya pesaing yang berkompetisi di bidang pemrograman, maka saya menyarankan
kepada pembaca, untuk lebih giat dalam mempelajari bahasa pemrograman tersebut.
Hal ini tidak hanya di khususkan untuk pemograman java saja,begitu pula dengan
bahasa pemograman lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
https://hersetblog.wordpress.com/2016/12/05/variabel-tipe-data-dan-operator-pada-java/
https://www.academia.edu/34922072/MAKALAH_TIPE_DATA_VARIABEL_DAN_OPERATOR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar