LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN
1
MODUL IX
“ DASAR JAVA GRAFIS ”
Dosen
: Dede
Irawan, M.Kom
Disusun
oleh:
Aam
Stamrotul Puadah
20160910001
SI
2016 A
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
Jl. Cut Nyak Dhien No. 36 A Cijoho Kuningan Telp/Fax. (0232)874824
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT
karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan laporan
kegiatan kewirausahaan yang merupakan salah satu tugas bahasa pemrograman 1.
Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah wawasan.
Dalam
penulisan laporan ini mungkin jauh dari kata sempurna, maka dari itu penyusun
meminta kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini diwaktu yang
akan datang.
Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Kuningan,
16 Januari 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
1.2 Rumusan
Masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Dasar Teori Java Grafis
2.2 Contoh Program
BAB
III ISI
3.1
Post test
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk
membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga
mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa
java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti
games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
dasar teori tentang desain grafis ?
2. Bagaimana
contoh pembuatan desain grafis dengan java ?
1.3 TUJUAN
Mengetahui tentang
dasar java grafis , paham dan bisa mengaplikasikannya serta mendapat pengetahuan
tentang Fungsi Java Grafis.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 DASAR TEORI JAVA GRAFIS
Java menyediakan library untuk grafis dan
multithreading sebagai modal untuk pembuatan animasi. Dengan menggunakan
library tersebut, ditambah sedikit interaksi input mouse, Anda bisa membuat
game sederhana.
Hampir semua komponen grafis 2 dimensi Java terletak
dalam package java.awt dan javax.swing. Bahkan untuk event dari mouse dan
keyboard pun terletak dalam package java.awt.event. Sedangkan untuk threading,
terletak pada package java.lang yang otomatis digunakan oleh seluruh program
Java.
2.2 CONTOH PROGRAM
Ø Syntax
import java.awt.Color;
import
java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Latihan_01
extends JFrame{
public Latihan_01(){
setTitle("Latihan Grafis");
setSize(500,500);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.RED);
g.drawLine(100, 120, 350, 120);
}
public static void main(String[] args) {
Latihan_01 latihan_01 = new
Latihan_01();
}
}
Ø Hasil Running
BAB III
ISI
3.1
POST TEST
Buat bentuk untuk
menunjukan operasi himpunan berupa union, intersection, dan subtraction.
Ø Syntax
/*
* To change this license header, choose
License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author ASUS_X451C
*/
import
java.awt.Color;
import
java.awt.Graphics;
import
javax.swing.*;
public
class POST extends javax.swing.JFrame {
/**
* Creates new form POST
*/
public POST() {
initComponents();
setTitle("Latihan Grafis");
setSize(800,700);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
/**
* This method is called from within the
constructor to initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The
content of this method is always
* regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings("unchecked")
// <editor-fold
defaultstate="collapsed" desc="Generated Code">
private void initComponents() {
setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
javax.swing.GroupLayout layout = new
javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 400, Short.MAX_VALUE)
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 300, Short.MAX_VALUE)
);
pack();
}// </editor-fold>
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.RED);
g.fillOval(100, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.WHITE);
g.fillOval(200, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.YELLOW);
g.fillOval(100, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.RED);
g.fillOval(200, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 300, 50, 110);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 300, 49, 109);
g.setColor(Color.BLUE);
g.fillOval(100, 480, 150, 150);
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(200, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 480, 149, 149);
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/* Set the Nimbus look and feel */
//<editor-fold
defaultstate="collapsed" desc=" Look and feel setting code
(optional) ">
/* If Nimbus (introduced in Java SE 6)
is not available, stay with the default look and feel.
* For details see
http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo
info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if
("Nimbus".equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException
ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
}
//</editor-fold>
/* Create and display the form */
java.awt.EventQueue.invokeLater(new
Runnable() {
public void run() {
new POST().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration - do not
modify
// End of variables declaration
}
Ø Hasil Running
BAB IV
PENUTUP
4.1
KESIMPULAN
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk
membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga
mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa
java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti
games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar