Kamis, 18 Januari 2018

MODUL 9



LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL IX
 “ DASAR JAVA GRAFIS ”
Dosen : Dede Irawan, M.Kom


Disusun oleh:
Aam Stamrotul Puadah
20160910001
SI 2016 A



FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
 UNIVERSITAS KUNINGAN
Jl. Cut Nyak Dhien No. 36 A Cijoho Kuningan Telp/Fax. (0232)874824








KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan laporan kegiatan kewirausahaan yang merupakan salah satu tugas bahasa pemrograman 1. Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah wawasan.
      Dalam penulisan laporan ini mungkin jauh dari kata sempurna, maka dari itu penyusun meminta kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini diwaktu yang akan datang.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh                                                                                                                                                 
Kuningan, 16 Januari  2018




                                                                                                       Penyusun
                                                                                                     




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I  PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang
1.2   Rumusan Masalah
1.3   Tujuan

BAB II  PEMBAHASAN
2.1  Dasar Teori Java Grafis
2.2  Contoh Program

BAB III ISI
3.1  Post test

BAB IV PENUTUP          
4.1   Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.

1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana dasar teori tentang desain grafis ?
2.      Bagaimana contoh pembuatan desain grafis dengan java ?

1.3  TUJUAN
Mengetahui tentang dasar java grafis , paham dan bisa mengaplikasikannya serta mendapat pengetahuan tentang Fungsi  Java Grafis.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  DASAR TEORI JAVA GRAFIS
Java menyediakan library untuk grafis dan multithreading sebagai modal untuk pembuatan animasi. Dengan menggunakan library tersebut, ditambah sedikit interaksi input mouse, Anda bisa membuat game sederhana.
Hampir semua komponen grafis 2 dimensi Java terletak dalam package java.awt dan javax.swing. Bahkan untuk event dari mouse dan keyboard pun terletak dalam package java.awt.event. Sedangkan untuk threading, terletak pada package java.lang yang otomatis digunakan oleh seluruh program Java.
2.2  CONTOH PROGRAM
Ø  Syntax
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Latihan_01 extends JFrame{
    public Latihan_01(){
        setTitle("Latihan Grafis");
        setSize(500,500);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
    @Override
    public void paint(Graphics g){
        g.setColor(Color.RED);
        g.drawLine(100, 120, 350, 120);
    }
    public static void main(String[] args) {
        Latihan_01 latihan_01 = new Latihan_01();
    }
}

Ø  Hasil Running


BAB III
ISI
3.1 POST TEST
Buat bentuk untuk menunjukan operasi himpunan berupa union, intersection, dan subtraction.
Ø  Syntax
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

/**
 *
 * @author ASUS_X451C
 */
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class POST extends javax.swing.JFrame {

    /**
     * Creates new form POST
     */
    public POST() {
        initComponents();
        setTitle("Latihan Grafis");
        setSize(800,700);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }

    /**
     * This method is called from within the constructor to initialize the form.
     * WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
     * regenerated by the Form Editor.
     */
    @SuppressWarnings("unchecked")
    // <editor-fold defaultstate="collapsed" desc="Generated Code">                         
    private void initComponents() {

        setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);

        javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
        getContentPane().setLayout(layout);
        layout.setHorizontalGroup(
            layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
            .addGap(0, 400, Short.MAX_VALUE)
        );
        layout.setVerticalGroup(
            layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
            .addGap(0, 300, Short.MAX_VALUE)
        );

        pack();
    }// </editor-fold>                       

    public void paint(Graphics g){
        g.setColor(Color.RED);
        g.fillOval(100, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.WHITE);
        g.fillOval(200, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 80, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 80, 149, 149);
              
        g.setColor(Color.YELLOW);
        g.fillOval(100, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.RED);
        g.fillOval(200, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.white);
        g.fillOval(200, 300, 50, 110);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 300, 49, 109);
      
        g.setColor(Color.BLUE);
        g.fillOval(100, 480, 150, 150);
        g.setColor(Color.GRAY);
        g.fillOval(200, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 480, 149, 149);
    }
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String args[]) {
        /* Set the Nimbus look and feel */
        //<editor-fold defaultstate="collapsed" desc=" Look and feel setting code (optional) ">
        /* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the default look and feel.
         * For details see http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
         */
        try {
            for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
                if ("Nimbus".equals(info.getName())) {
                    javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
                    break;
                }
            }
        } catch (ClassNotFoundException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (InstantiationException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (IllegalAccessException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(POST.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        }
        //</editor-fold>

        /* Create and display the form */
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                new POST().setVisible(true);
            }
        });
    }

    // Variables declaration - do not modify                    
    // End of variables declaration                  
}
Ø  Hasil Running


BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 10

Manajemen Aplikasi pada Linux Pada pembahasan kali ini anda akan mempelajari dan dapat mengerti konsep RPM, TAR dan GZIP. menggunakan ...