LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN
1
MODUL VII
“ GRAPHICAL USER INTERFACE (1) ”
Dosen
: Dede
Irawan, M.Kom
Disusun
oleh:
Aam
Stamrotul Puadah
20160910001
SI
2016 A
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
Jl. Cut Nyak Dhien No. 36 A Cijoho Kuningan Telp/Fax. (0232)874824
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT
karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan laporan
kegiatan kewirausahaan yang merupakan salah satu tugas bahasa pemrograman 1.
Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah wawasan.
Dalam
penulisan laporan ini mungkin jauh dari kata sempurna, maka dari itu penyusun
meminta kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini diwaktu yang
akan datang.
Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Kuningan,
16 Januari 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
1.2 Rumusan
Masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian GUI
2.2 Pengertian Java
2.3
Fungsi GUI
2.4
Java GUI
BAB
III ISI
3.1
Contoh Program
3.2
Post test
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Java merupakan sebuah bahasa pemrograman
architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic
language.program dalam bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas
byte-code. Berkas byte-code inilah yang dijalankan (interpreted) oleh sebuah
virtual machine, yang disebut Java Virtual Machine (JVM).Java dikenal sebagai
bahasa pemrograman tingkat tinggi.suatu bahasa pemrograman teknologi di dunia
software komputer, yang merupakan suatu bahasa pemrograman platform. Sebagai
bahasa pemrograman.Java mudah dipelajari, terutama bagi programmer yang telah
mengenal C/C++. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang
merupakan paradigma pemrograman masa depan. Sebagai bahasa pemrograman Java dirancang
menjadi handal dan aman. Java juga dirancang agar dapat dijalankan di semua
platform. Dan juga dirancang untuk menghasilkan aplikasi – aplikasi dengan
performansi yang terbaik.
Sebelum bernama JAVA sebelumnya adalah bernama Oak,
diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”,
James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena
sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga
diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang
digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Bahasa pemrograman
Java pertama lahir dari The Green Projec dari awal tahun 1991-1992 yang dibuat
oleh beberapa ilmuan dan menghasilkan java Oka perama sebelum proyek ini
ditutup.kemudian dari sebuah perusahan kembali.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud GUI ?
2. Apa
yang dimaksud dengan java Java?jelaskan !
3. Apa
fungsi GUI ?
4. Apa
yang dimaksud java GUI ?
1.3
Tujuan
Mengetahui tentang Java GUI, paham dan bisa
mengaplikasikannya serta mendapat pengetahuan tentang Fungsi GUI dan Java GUI.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian GUI
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface
merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI,
ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering
kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model
ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator
sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman
dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat,
mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah
mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.
Nah, GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan
perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat
pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita
dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang
pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan
kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI
sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari
dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat
perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh
saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang
disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot
dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.
2.2
Pengertian Java
JAVA merupakan sebuah bahasa pemrograman yang
dijalankan di berbagai komputer dan pada handphone. Java pertama kali
dikembangkan oleh Sun Microsystems yang menjelaskan bahwa bahasa java dapat
digambarkan sebagai a simple, object-oriented, distributed, interpreted,
robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance,
multithreaded, dan dynamic language. Sebuah program dalam bahasa java dirakit (
compiled ) menjadi sebuah berkas byte-code.
Beberapa kelebihan java sebagai berikut :
Multiplatform yaitu java dapat dijalankan di
beberapa platform/ system operasi computer secara bersamaan. Contohnya: Sebuah program
berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan
baik diatas Microsoft Windows.
OOP ( Object Oriented Programming ) yaitu java
sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni, sehingga
memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi
kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah, dan
terorganisir.
Java memiliki kelengkapan library/
perpustakaan yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk
membangun aplikasinya.
Beberapa versi-versi java :
·
java.lang: Peruntukan kelas
elemen-elemen dasar
·
java.io: Peruntukan kelas input dan
output, termasuk penggunaan berkas.
·
java.util: Peruntukan kelas pelengkap
seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
·
java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang
memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
·
java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi
antarmuka dengan pengguna (GUI)
·
java.applet: Kelas dasar aplikasi antar
muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Jadi JAVA GUI merupakan sebuah bahasa pemrograman
dengan basic GUI(Grapichal User Interface) yang memiliki kompatibilitas yang
tinggi terhadap operating system yang ada.
2.3
Fungsi GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi
GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut
beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1. Pointing
device dengan perangkat berupa mouse
2. Memiliki
fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3. Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain
4. Untuk
digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5. Pembuatan
website
6. Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
2.4
Java GUI
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman
GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java
dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang
nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan
besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah
sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu,
sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang
baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user.
Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI
sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras
juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user
interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem,
sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.
BAB III
ISI
3.1 Contoh Program
Syntax
import javax.swing.*;
import
java.awt.event.*;
public class Latihan_01
extends JFrame implements ActionListener{
JLabel label1 = new
JLabel ();
JLabel label2 = new
JLabel ();
JLabel label3 = new
JLabel ();
JTextField text1 = new
JTextField();
JTextField text2 = new
JTextField();
JTextField text3 = new
JTextField();
JButton button1 = new
JButton();
public void
CiptakanJFrame(){
setLayout(null);
setTitle("Pesan");
setVisible(true);
setSize(300, 150);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable(false);
setLocationRelativeTo(null);
}
public void
CiptakanJLabel(){
label1.setText("NIM");
label1.setBounds(10, 10, 250, 20);
add(label1);
label2.setText("NAMA");
label2.setBounds(10, 30, 250, 20);
add(label2);
label3.setText("PROGRAM STUDI");
label3.setBounds(10, 50, 250, 20);
add(label3);
}
public void
CiptakanJTextField(){
text1.setBounds(120, 10, 160, 20);
add(text1);
text2.setBounds(120, 30, 160, 20);
add(text2);
text3.setBounds(120, 50, 160, 20);
add(text3);
}
public void
CiptakanJButton(){
button1.setText("Tampilkan");
button1.setBounds(120, 80, 95, 20);
button1.addActionListener(this);
add(button1);
}
public void
actionPerformed(ActionEvent e){
text1.setText("20160910001");
text2.setText("AAM STAMROTUL
PUADAH");
text3.setText("SISTEM INFORMASI");
}
public static void
main(String[] args){
Latihan_01 f1 = new Latihan_01();
f1.CiptakanJFrame();
f1.CiptakanJLabel();
f1.CiptakanJTextField();
f1.CiptakanJButton();
}
}
Hasil
Running
Jika diklik tombol
tampilkan maka tampilannya akan seperti berikut ini:
3.2 Post Test
1. Buat program
kalkulator dengantampilan seperti berikut ini :
Syntax
package modul_07;
import javax.swing.*;
import
java.awt.event.*;
import
java.text.DecimalFormat;
public class PostTest
extends JFrame implements ActionListener{
JLabel label1 = new JLabel();
JLabel label2 = new JLabel();
JLabel label3 = new JLabel();
JTextArea text1 = new JTextArea();
//JtextArea text2 = new JTextArea();
//JtextArea text3 = new JTextArea();
JButton button1 = new JButton();
JButton button2 = new JButton();
JButton button3 = new JButton();
JButton button4 = new JButton();
JButton button5 = new JButton();
JButton button6 = new JButton();
JButton button7 = new JButton();
JButton button8 = new JButton();
JButton button9 = new JButton();
JButton button0 = new JButton();
JButton buttonMC = new JButton();
JButton buttonMR = new JButton();
JButton buttonMS = new JButton();
JButton buttonMplus = new JButton();
JButton buttonMmin = new JButton();
JButton buttonbs = new JButton();
JButton buttonCE = new JButton();
JButton buttonC = new JButton();
JButton buttonPM = new JButton();
JButton buttonakar = new JButton();
JButton buttonBagi = new JButton();
JButton buttonPersen = new JButton();
JButton buttonKali = new JButton();
JButton button1x = new JButton();
JButton buttonKurang = new JButton();
JButton buttonTambah = new JButton();
JButton buttonSamadengan = new JButton();
JButton buttonKoma = new JButton();
DecimalFormat koma = new DecimalFormat
("#.##");
double angkapertama, angkakedua, hasil, n;
int tambah=0, kurang=0, bagi=0, kali=0,
persen=0, akar=0;
public void CiptakanJFrame(){
setLayout (null);
setTitle("Calculator");
setVisible(true);
setSize(365,310);
setDefaultCloseOperation
(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable (false);
setLocationRelativeTo(null);
}
public void CiptakanJLabel(){
label1.setText("View");
label1.setBounds(10,10,40,20);
add(label1);
label2.setText("Edit");
label2.setBounds(50,10,40,20);
add(label2);
label3.setText("Help");
label3.setBounds(90,10,250,20);
add(label3);
}
public void CiptakanJTextField(){
text1.setBounds (10, 40, 340, 50);
add(text1);
/* text2.setBounds (120,30,160,20);
add(text2);
text3.setBounds (120,50,160,20);
add(text3);
}
*/
}
public void CiptakanJButton(){
buttonMC.setText(" MC ");
buttonMC.setBounds (10, 100, 65, 20);
buttonMC.addActionListener(this);
add(buttonMC);
buttonMR.setText(" MR ");
buttonMR.setBounds (80, 100, 65, 20);
buttonMR.addActionListener(this);
add(buttonMR);
buttonMS.setText(" MS ");
buttonMS.setBounds (150, 100, 65, 20);
buttonMS.addActionListener(this);
add(buttonMS);
buttonMplus.setText(" M+ ");
buttonMplus.setBounds (220, 100, 65, 20);
buttonMplus.addActionListener(this);
add(buttonMplus);
buttonMmin.setText(" M- ");
buttonMmin.setBounds (290, 100,65,
20 );
buttonMmin.addActionListener(this);
add(buttonMmin);
buttonbs.setText(" ← ");
buttonbs.setBounds (10, 130,65, 20 );
buttonbs.addActionListener(this);
add(buttonbs);
buttonCE.setText(" CE ");
buttonCE.setBounds (80, 130, 65, 20);
buttonCE.addActionListener(this);
add(buttonCE);
buttonC.setText(" C ");
buttonC.setBounds (150, 130, 65, 20);
buttonC.addActionListener(this);
add(buttonC);
buttonPM.setText(" ± ");
buttonPM.setBounds (220, 130, 65, 20);
buttonPM.addActionListener(this);
add(buttonPM);
buttonakar.setText(" v ");
buttonakar.setBounds (290, 130, 65,
20);
buttonakar.addActionListener(this);
add(buttonakar);
button7.setText(" 7 ");
button7.setBounds (10, 160, 65, 20);
button7.addActionListener(this);
add(button7);
button8.setText(" 8 ");
button8.setBounds (80, 160, 65, 20);
button8.addActionListener(this);
add(button8);
button9.setText(" 9 ");
button9.setBounds (150, 160, 65, 20);
button9.addActionListener(this);
add(button9);
buttonBagi.setText(" / ");
buttonBagi.setBounds (220, 160, 65,
20);
buttonBagi.addActionListener(this);
add(buttonBagi);
buttonPersen.setText(" % ");
buttonPersen.setBounds (290, 160, 65,
20);
buttonPersen.addActionListener(this);
add(buttonPersen);
button4.setText(" 4 ");
button4.setBounds (10, 190, 65, 20);
button4.addActionListener(this);
add(button4);
button5.setText(" 5 ");
button5.setBounds (80, 190, 65, 20);
button5.addActionListener(this);
add(button5);
button6.setText(" 6 ");
button6.setBounds (150, 190, 65, 20);
button6.addActionListener(this);
add(button6);
buttonKali.setText(" * ");
buttonKali.setBounds (220, 190, 65,
20);
buttonKali.addActionListener(this);
add(buttonKali);
button1x.setText(" 1/x ");
button1x.setBounds (290, 190, 65, 20);
button1x.addActionListener(this);
add(button1x);
button1.setText(" 1 ");
button1.setBounds (10, 220, 65, 20);
button1.addActionListener(this);
add(button1);
button2.setText(" 2 ");
button2.setBounds (80, 220, 65, 20);
button2.addActionListener(this);
add(button2);
button3.setText(" 3 ");
button3.setBounds (150, 220, 65, 20);
button3.addActionListener(this);
add(button3);
buttonKurang.setText(" - ");
buttonKurang.setBounds (220, 220, 65,
20);
buttonKurang.addActionListener(this);
add(buttonKurang);
buttonSamadengan.setText(" =
");
buttonSamadengan.setBounds (290, 220,
65, 50);
buttonSamadengan.addActionListener(this);
add(buttonSamadengan);
button0.setText(" 0 ");
button0.setBounds (10, 250, 132, 20);
button0.addActionListener(this);
add(button0);
buttonKoma.setText(" . ");
buttonKoma.setBounds (150, 250, 65,
20);
buttonKoma.addActionListener(this);
add(buttonKoma);
buttonTambah.setText(" + ");
buttonTambah.setBounds (220, 250, 65,
20);
buttonTambah.addActionListener(this);
add(buttonTambah);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
Object source = e.getSource();
if(source == button1){
text1.append("1");
}
if(source == button2){
text1.append("2");
}
if(source == button3){
text1.append("3");
}
if(source == button4){
text1.append("4");
}
if(source == button5){
text1.append("5");
}
if(source == button6){
text1.append("6");
}
if(source == button7){
text1.append("7");
}
if(source == button8){
text1.append("8");
}
if(source == button9){
text1.append("9");
}
if(source == button0){
text1.append("0");
}
if(source == buttonKoma){
angkapertama = numberReader();
String x =
koma.format(angkapertama).replace(',','.') ;
angkapertama =
Float.parseFloat(x);
text1.setText(angkapertama+"");
}
if(source == buttonMS){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama;
text1.setText(String.valueOf(hasil+""));
}
if(source == buttonTambah){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 1;
kali = 0;
bagi = 0;
kurang = 0;
akar = 0;
}
if(source == buttonKali){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kali = 1;
bagi = 0;
kurang = 0;
akar = 0;
}
if(source == buttonKurang){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
kurang = 1;
tambah = 0;
kali = 0;
bagi = 0;
akar = 0;
}
if(source == buttonBagi){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
bagi = 1;
tambah =1;
kali = 0;
kurang = 0;
akar = 0;
}
if(source == buttonPersen){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama / 100;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
persen = 1;
}
if(source == buttonakar){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
bagi = 1;
tambah =1;
kali = 0;
kurang = 0;
akar = 0;
}
if(source == buttonPM){
hasil = angkapertama-
(angkapertama*2);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(source == buttonMC){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
hasil = 0.0;
text1.setText("");
}
if(source == buttonCE){
angkapertama = 0.0;
text1.setText("");
}
if(source == buttonC){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
text1.setText("");
}
if(source == buttonMR){
text1.setText(hasil+"");
}
if(source == buttonMplus){
angkapertama = numberReader();
hasil += angkapertama;
text1.setText("");
}
if(source == buttonMmin){
angkapertama = numberReader();
hasil -= angkapertama;
text1.setText("");
}
if(source == button1x){
angkapertama = numberReader();
hasil = 1 / angkapertama;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(source == buttonbs){
String backspace = null;
if(text1.getText().length() >
0){
StringBuilder strB = new
StringBuilder(text1.getText());
strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
backspace = strB.toString();
text1.setText(backspace);
}
}
if(source == buttonSamadengan){
if(tambah>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama + angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(kurang>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama -
angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(kali>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama *
angkakedua;
text1.setText(hasil+"");
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(bagi>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama / angkakedua;
text1.setText(hasil+"");
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
if(akar>0){
hasil = Math.sqrt(angkapertama);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
}
public double numberReader(){
double angkaPertama;
String n;
n = text1.getText();
angkaPertama = Double.valueOf(n);
return angkaPertama;
}
public static void main (String[] args) {
PostTest f1 = new PostTest();
f1.CiptakanJFrame();
f1.CiptakanJLabel();
f1.CiptakanJTextField();
f1.CiptakanJButton();
}
}
Hasil
Running
Contoh
Percobaannya
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan
suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI
mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly seta
ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI
membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara
user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem
komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar